Min Hermina, SMPN 1 Cikampek-Krwg

Min Hermina, M.Pd. Saat ini mengajar di SMPN 1 Cikampek Kabupaten Karawang Jawa Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
CARA ASYIK MENGAJAR SI KECIL MEMBACA
https://img.lovepik.com/element/40127/3081.png_860.png!/fw/562

CARA ASYIK MENGAJAR SI KECIL MEMBACA

#TantanganGurusiana

#Hari ke-156

Kamis, 02 Juli 2020

Ketika anak-anak masih balita, tak ada salahnya mereka diperkenalkan dengan huruf. Selain itu lingkungan sekitar bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang tiada habisnya. Hal ini menandakan secara tidak langsung si kecil sudah diajarkan untuk mau membaca.

Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak balita dalam belajar membaca dengan cara menyenangkan ?

1. Memasak bersama

Ajak anak-anak ke dapur dan suruh mereka mencari resep masakan sederhana. Siapkan bahan masakan bersama mereka, dan ajaklah si kecil untuk membaca langkah-langkah membuat makanan tersebut. Dengan praktik langsung, anak akan merasa senang ketika mereka membacakan resep meski belum lancar.

2. Berjalan-jalan bersama

Anak-anak tentu akan merasa senang ketika diajak untuk rekreasi atau sekedar jalan-jalan. Ketika menemukan benda yang berlabel, minta si kecil untuk membacanya. Atau saat dalam perjalanan, apabila menemukan poster atau baliho dengan ukuran besar suruh anak membaca dengan keras.

3. Nonton film kartun

Inilah momen yang biasanya ditunggu oleh anak-anak yaitu nonton film kartun kesayangannya. Jangan lupa dampingi mereka ketika menonton. Cari film yang ada unsur belajar membaca. Ajak anak untuk mengucapkan kata atau kalimat yang ditemukannya secara nyaring

4. Pergi ke toko buku

Ajak anak-anak mengunjungi toko buku dan biarkan mereka mencari buku kesukaannya. Sisihkan waktu agak lama sampai si kecil puas membaca buku yang boleh dibaca di tempat. Jangan lupa belilah beberapa buku cerita yang mereka sukai sebagai oleh-oleh

5. Membaca bersama

Apabila anak-anak masih kecil dan belum mampu membaca, luangkan waktu untuk membacakan cerita untuknya. Namun, ketika anak sudah mulai bisa membaca biarkan mereka membacanya secara nyaring. tandai bintang di halaman buku yang telah dibacanya dan jangan pelit pujian dan reward ketika anak telah selesai membaca buku.

Itulah beberapa tips agar si kecil senang membaca. Orang tua diharapkan untuk sering memotivasi agar anak gemar membaca buku. Jadilah kegiatan membaca sebagai suatu kebutuhan bukan hanya kewajiban. Jika sudah terbangun iklim yang kondusif untuk membaca, maka anak dengan sendirinya mau membaca tanpa disuruh. Mereka akan sering membaca tanpa diminta dan mereka akan menikmati proses membaca sebagai suatu kebutuhan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereen...

02 Jul
Balas

Makasih bun tipsnya

02 Jul
Balas

Makasih pengertiannya bu.

02 Jul
Balas

Jadi inget anak2 waktu kecil...

02 Jul
Balas

Tips yang bagus Bun bisa dipraktekkan buat cucu saya

02 Jul
Balas



search

New Post